CBR150R dan CB150 Streetfire, sama nggak ya?

Pada saat menghadiri launching CB150 StreetFire di Medan, informasi yang didapat dari sales Honda IDK Medan saat itu bahwa CB150 StreetFire menggunakan mesin yang sama dengan CBR150R.

Benarkah ?

Kenapa harganya jauh lebih murah ya kalau mesin dan teknologinya sama? Mungin karena si StreetFire setengah telanjang / half naked dibanding cibbie? Atau CB150 adalah down grade dari CBR150R?

Atau….?

Lebih baik kita lihat satu persatu apa sih beda  keduanya.

1. Frame

Frame CBR250R adalah delta box atau twin tube atau sedangkan CB150 StreetFire adalah diamond steel frame atau trellis type. Diamond steel frame sama dengan frame CBR250R. Karena itu bobot si StreetFire ini lebih ringan dari CBR150R, yaitu sekitar 122kg berbanding 138kg .

2. Body

Body CBR150R adalah full fairing sesuai dengan type motor sport sedangkan StreetFire adalah half naked / setengah telanjang.

3. Suspensi

Suspensi belakang CB150 StreetFire adalah type monoshock sistem Pro-Link sedangkan CBR150R menggunakan monoshock tanpa link.

Keunggulan sistem Pro-Link adalah Pro-link memungkinkan goncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja yang lebih progresif dan memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan. Sistem suspensi Pro-link membantu mengurangi kerja keras shockbreaker dan mempertahankan traksi roda belakang di berbagai kondisi jalan, sehingga meningkatkan kestabilan dan kenyamanan berkendara.

 

4. PGM-FI

CB150 menggunakan tetekhnologi yang sama dengan CBR150R, hanya saja CB150 menggunakan versi terbaru PGM-FI versi step 4 sedangkan CBR150R menggunakan PGM-FI versi  step 3. Sebenarnya tidak ada yang berbeda tekhnologi antara step 3 dan step 4, hanya untuk membedakan antara versi lama dan baru.

Salah satu hal yang membedakan juga adalah pada CBR150R terdapat sensor 02 sedangkan CB150 tidak ada.

o2_cbr150r

“Sensor 02-nya memang kita lepas. Sensor ini fungsinya untuk mengontrol emisi gas buang. Tapi fungsinya kami ganti dengan Secondary Air Suplai System (SASS) agar tetap lolos regulasi Euro 2 yang ditetapkan pemerintah,” buka Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

SASS ini bekerja dengan cara menyuntikkan oksigen ke jalur pembuangan, sehingga gas CO yang beracun akan berubah menjadi CO2 dan O2. Komponen ini biasanya dipakai pada motor berteknologi karburator, sedang pada mesin injeksi sudah ditanggalkan karena emisi gas buang mesin injeksi relatif lebih bersih.

Selain itu CB150R Streetfire mengadopsi sistem penyetelan stasioner model manual dengan sebuah sekrup layaknya yang digunakan pada Supra X125 PGM-FI generasi awal. Sedangkan CBR150R yang stasioner mesin dikontrol oleh IACV (Idle Air Control Valve).

 

5. Camshaft

Agar cocok untuk penggunaan sehari-hari di jalanan yang padat, CB150R sebagai sepeda motor sport perkotaan membutuhkan beberapa penyesuaian. Salah satu yang dilakukan pada mesin adalah mengubah durasi bukaan noken as atau camshaft tipe DOHC-nya.

“Klep masuknya tetap sama seperti CBR150R, tapi klep buangnya sedikit diubah. Klep ex CB150R membuka 35 derajat sebelum TMB dan menutup 5 derajat sebelum TMA. Di CBR150R, klep ex membuka 30 derajat sebelum TMB dan menutup 0 derajat sebelum TMA,” jelas Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

Langkah ini diambil agar tenaga dan torsi puncaknya terasa lebih enak di putaran mesin lebih rendah sekaligus membuat mesin agar lebih dingin. Ya.. cocoklah buat jalanan yang relatif macet. Langkah lain yang dilakukan agar tarikan lebih responsif adalah mengganti settingan final gear.
 

6. Kick Starter

Pada CB150 dibekali kick starter sedang CBR150 hanya electric starter tspi jiks ingin memasang kick starter pada CBR150R juga bisa kok.  Tidak perlu ada kontruksi yang diubah. Karena, tempat as kick starter pada CBR150R memang sudah ada sebelumnya. Jadi, tinggal pasang saja.

 

7. Performa

 Dari website remsi PT AHM. Honda mengklaim tenaga CB150R adalah 17 PS pada 10.000 rpm, sedang CBR150R mencapai 17,8 PS di 10.500 rpm. Untuk torsinya, CB150R tembus  13,1 Nm di 8.000 rpm, sedang CBR150R hanya 12,66 Nm di 8.500 rpm.
Beda -beda tipis aja kan….

Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan antara CB150 StreetFire dan CBR150R. Yang jelas CB150 StreetFire bukan specdown dari sang kakak CBR150R.

Categories: Flash News | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: