MotoGP 2013 – Balapan Dimulai Sejak Free Practice

Balapan seri pertama akan dimulai di sirkuit Losail, Qatar 7 April 2013. Ada hal yang berbeda tahun ini karena aura balapan dimulai sejak babak latihan bebas.
Menurut Carmelo Ezpeleta CEO Dorna, format kualifikasi baru yang akan diterapkan hanya di kelas premier MotoGP ini bertujuan untuk memberikan tontonan lebih banyak kepada penonton, selain memberi nilai lebih pada catatan waktu selama sebelum kualifikasi, yakni latihan bebas atau Free Practice. Jadi catatan waktu yang dibuat pembalap selama mengikuti sesi latihan turut menentukan hasil kualifikasi.

Bingung ya…?

Free Practice :
Tiap pembalap akan mendapatkan jatah 3 sesi Free Practice atau latihan bebas pada jumat pagi, sore dan sabtu pagi masing-masing 45 menit. Saat free practice ini boleh dibilang balapan sudah dimulai karena hasil free practice ini menentukan siapa yang ikut di kualifikasi Q1 atau Q2.
Hasil Free Practice menentukan posisi pembalap masuk di Q1 atau Q2. Pembalap di urutan 11, 12 dst akan bergabung di Q1, pembalap dengan catatan waktu terbaik 1 sampai 10 bergabung di Q2.
Sebenarnya masih ada Free Practice ke 4 tapi catatan waktunya tidak dihitung karena maksud dari Free Practice ini untuk mengakomodasi keperluan untuk melakukan perubahan pada set up motor atau hal lainnya. Free Practice ini akan berlangsung selama 30 menit sebelum Q1 dan Q2.

Qualifying :
Babak Q1 akan berlangsung selama 15 menit. Pembalap dengan catatan waktu terbaik 1 dan 2 akan diberi kesempatan untuk ikut Q2. Sementara urutan 3, 4 dan seterusnya akan start di race day minggu di posisi ke 13, 14 dst di garis start.
Babak Q2 juga berlangsung 15 menit terdiri dari pembalap dengan catatan waktu terbaik 1 sampai 10 Free Practice serta 2 pembalap terbaik Q1 sehingga total peserta Q2 ada 12 pembalap. Catatan waktu terbaik di Q2 inilah yang menentukan susunan balapan di hari minggu start dari posisi terdepan sampai posisi ke 12.

Race Day :
Ini yang ditunggu pecinta motoGP dimana posisi di garis start dimulai dari 1-12 posisi terbaik Q2 baru kemudian urutan 13 dan seterusnya Q1.

Jadi balap MotoGP sudah dimulai dari hari jumat pagi sejak Free Practice. Welcome MotoGP 2013.

Categories: MotoGP | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: