Moto2 pakai mesin CBR600RR sampai musim 2015

 

Sejak kelas 250cc di MotoGP berganti menjadi Moto2, Honda adalah pemasok tunggal mesin untuk kelas tersebut. Tersebutlah kisah mesin CBR600RR ini dipasok dari musim 2010 sampai musim 2012. Kejuaraan Moto2 telah menjadi salah satu bagian dari tiga kategori MotoGP sebagai pengganti kategori GP250 2-tak. Kejuaraan Moto2 meraup sukses besar dengan aksi balap yang hebat. Bahkan begitu banyak tim yang memiliki kesempatan untuk menang.

Ternyata  Moto2 masih akan terus menggunakan mesin Honda CBR600RR hingga akhir musim 2015 mendatang. Wooow…. Artinya makin seru aja aksi yang akan ditampilkan para pembalap Moto2. Masih ingat akan aksi-aksi yang ditampilkan Marques dan kawan-kawan di musim lalu?

 

Awalnya Honda mempunyai kontrak tiga tahun untuk menyuplai mesin 600cc 4-tak di Moto2 hingga akhir musim 2012. Namun Honda menyetujui pembaruan kontrak baru untuk musim 2013 dan 2014. Moto2 dan Honda akhirnya sepakat untuk memperpanjang kontrak mereka hingga akhir 2015.

Artinya setelah musim balapan 2015 ( masih 3 musim lagi donk) akan ada persaingan dari competitor CBR600RR yakni Yamaha R6, Suzuki GSX-R600 dan Kawasaki ZX-6R.

Sebenarnya dengan hanya satu pemasok mesin terlihat persaingan yang ketat diantara pembalap untuk saling sodok. Musim 2012 kita menyaksikan bagaimana Marquez harus berusaha extra keras untuk menggapai juara dunia. Kejuaraan Moto2 masih akan terus menggunakan mesin Honda CBR600RR hingga akhir musim 2015 mendatang.

Seandainya terjadi perubahan regulasi ini (pemasok mesin bebas) maka  dikuatirkan biaya balap akan meningkat. Hal ini jelas merugikan tim-tim peserta yang sedang terkena dampak krisis ekonomi global.

Jadi bukan hanya kelas utama MotoGP yang ditunggu, tapi juga kelas Moto2 wajib ditonton karena penuh aksi overtaking yang aduhaiii…..

 

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: