Perbandingan Honda CBR1000RR dan Yamaha YZF-R1 2013

Persaingan abadi jika kita bandingkan Honda dan Yamaha mulai dari MotoGP sampai ke produk massalnya. Untuk varian superbike tahun ini keduanya melakukan minor change yang diklaim lebih meningkat performanya dibandingan produk tahun sebelumnya. Siapakah yang lebih unggul ?

YZF-R1 pertama kali YZF-R1 sudah mengadopsi teknologi yang ada pada YZR-M1 MotoGP.

Image

Honda CBR1000RR hadir pertama kali tahun 2004 merupakan kelanjutan dari CBR900RR dimana diklaim sebagai sportbike terbaik Honda yang pernah dibuat selama ini.

Image

Performa

Yamaha menggunakan teknologi crossplane crankcase yang diambil dari YZR-M1, kapasitas 998cc liquid-cooled 4-stroke DOHC. Kompresi mesin 12.7:1 menyemburkan tenaga 182 hp pada 10.500rpm dengan torsi  111Nm di 10.200 rpm dengan top speed 295km/jam, wooooowwww……

Untuk asupan bahan bakar, R1 menggunakan teknologi MotoGP yaitu YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) untuk mengatur timing busi membakar jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sehingga memperbaiki putaran bawah dan menengah. Selain itu ada juga YCC-I (Yamaha Chip Controlled Intake) yang mengatur jumlah asupan bahan bakar.

CBR1000RR sama dengan YZF-R1 dengan kapasitas 999.8cc dengan tenaga 177hp pada 10.500 rpm dantorsi 112Nm pada 8500 rpm dengan top speed 271km/jam.

Sistem injeksi bahan bakar menggunakan sistem Programmed Fuel Injection Dual Sequential dimana pengaturan bahan bakar  membuat kompresi mesin menjadi 12.3:1 yang berefek pada suara yang lebih halus dan lebih responsif.

Handling

YZF-R1 menggunakan sasis deltabox magnesium yang lebih rigid dan stabil serta memangkas wheelbase untuk mengoptimalkan center of gravity dan kemampuan handling. Juga mengadopsi Traction Control Syatem dari MotoGP yang memiliki 7 traksi kontrol dengan 21 kombinasi yang bisa digabung dengan sistem Drive Mode yang membuat R-1 luar biasa saat tikungan, stabil di mid corner dan stabil dijalur lurus. Setingan ECU sedikit dirubah diandingkan YZF-R1 2012 sehingga mudah dikendarai di rpm rendah dan transfer tenaga jadi lebih terkontrol , ban belakang tidak mudah spin.

Suspensi depan menganut YHSJ atau Yamaha Hydraulic System Japan dimana garpu kiri mengontrol kompresi redaman sedangkan yang kanan menyesuaikan rebound dumping. Garpu depan SOQI 43mm inverted fork, fully adjustable, sedangkan belakang SOQI Single shock with piggyback reservoir, 4-way adjustable.

Riding position R1 juga tidak terlalu nyaman. Bobot pengendara sering terbawa ke pergelangan tangan. Tetapi, seperti biasa, tekanan menghilang seiring kecepatan yang meningkat. Bagaimanapun, riding R1 baik sekali digunakan di track. – See more at: http://www.solusimobil.com/owners-guide/komparasi/artikel/ini-dia-kelebihan-kekurangan-honda-cbr1000rr-dan-yamaha-yzf-r1#sthash.TEf3xDyX.dpuf
Riding position R1 juga tidak terlalu nyaman. Bobot pengendara sering terbawa ke pergelangan tangan. Tetapi, seperti biasa, tekanan menghilang seiring kecepatan yang meningkat. Bagaimanapun, riding R1 baik sekali digunakan di track. – See more at: http://www.solusimobil.com/owners-guide/komparasi/artikel/ini-dia-kelebihan-kekurangan-honda-cbr1000rr-dan-yamaha-yzf-r1#sthash.TEf3xDyX.dpuf

Image

CBR1000RR menggunakan rangka twin spar alumunium dipadu dengan HESD (Honda Electronic Steering Dampener)untuk meredam getaran kemudi di kecepatan tinggi. Dissat motor berjalan lambat maka sensor akan mengirim sinyal ke ECU untuk mengurangi hambatan HESD sehingga setir menjadi ringan, dan saat dipacu di kecepatan tinggi maka sensor akan mengirim sinyal ke ECU untuk memerinta HESD menghambat gerakan setir. Untuk garpu depan Honda bekerjasama dengan Showa memperbaharui peredamnya Big Piston Fork Technology yag memberikan kenyamanan lebih saat langkah copmression maupun rebound. Suspensi belakang tetap meggunakan Pro-Link dengan tambahan Balance Free Rear Cushion untuk mendapatkan traksi yang lebih baik.

Image

Rem

CBR1000RR memakai dual radial -mounted  four-piston calipers with full floating 320mm disck di roda depan, semengtara yang belakang menggunakan single caliper 220mm disc ditambah ABS optional.

YZF-R1 menggunakan radial-mount forged 6-piston calipers dengan dual 310mm discs, roda belakang menggunakan single piston 220mm.

Panel Instrumen

Pada YZF-R1 panel indikator didominasi indikator analog menciptakan pantauan yang lebih baik dengan panel speedometer yang lebih kecil tapi enak dipantau.

Image

Panel CBR1000RR full digital dan lengkap dengan posisi yang mudah dipantau dan enak dilihat. Tachometer berbetuk bar paling atas dan speedometer di bawahnya berikut gera position, temperature, lap time.

Image

Tampilan

YZF-R1 memiliki tampilan paling baik dan exotis di antara superbike Jepang. Perubahan terdapat pada fairing tyang lebih rendah  dan desain lampu seperti burung hantu dengan lampu LED, knalpot undertail yang 6-persegi yang semakin sporty.

Image

CBR1000RR lebih stylish dibanding produk tahun sebelumnya dengan desain body belakang dibuat sedikit melebar. Perubahan fairing dengan konsep berlapis dan lebih panjang serta menutupi catalyc converter sertta lubang pembuangan hawa panas dari radiator yang lebih lebar. Desain headlamp kini lebih melancip dan menyatu dengan air intake.

Image

Setelah dipilah-pilah dan ditimbang-timbang….bingung mau memilih yang mana sebagai yang terbaik, CBR1000RR atau YZF-R1.

Image

sumber : street bike

Categories: Flash News | 18 Comments

Post navigation

18 thoughts on “Perbandingan Honda CBR1000RR dan Yamaha YZF-R1 2013

  1. bagaimanapun juga, Honda, lebih unggul:mrgreen:

    • slashers

      unggul apanya???desain kalah jauh dgn yamaha bahkan seringkali honda mengikuti desain yamaha…kualitas???honda selalu dibawah yamaha entah itu kualitas material bodi atau mesin skalipun..

      • unggul dalam hal mesin sob,kalau body unggul itu relatif,kenapa aku lebih suka bodynya honda cbr dari pada r1,relatifkan.jangan bodoh sob

      • Semua tergantung pilihan hati bro, dan biasanya faktor sejarah ikut menentukan. Kalau dulu pengguna Honda bebek trus ke Honda sport maka kecenderungannya akan memilih CBR. Demikian juga jika dulunya ngendarai Yamaha maka kecenderungan akan milih R series dan seterusnya. Walau ini bukan menjadi faktor utama memilih, cenderung subjektif.

      • Bachtiar hamzah

        Konsumsi bbmnya irit mana hayo

    • katanya “Yamaha semakin di depan”. just kidding…

  2. rider

    Keren spido r1
    Perpaduan klasik dan modern

  3. Pingback: Honda CBR1000RR Vs Yamaha YZF – R1 2013 | NewsAutomotif

  4. yamaha tetap yang nomor 1

  5. bener tuh bro yamaha slalu menciptakan inovasi yg bagus dan menarik lain halnya dengan honda ,honda slalu mengikuti apa yg diciptakan yamaha seperti halnya bodi chasise and teknologi yg meski aga berbeda sedikit jdi yamaha revs your heart

  6. Momon

    Tergantung HATI sob , Kalo Memag Udah suka Honda walaupun kalah tetap suka, begitu sebaliknya

    But, R1 lebih unggul :p

  7. pada punya ga bilang bagus itu bagus ini , kyk yang uda pernah bawa aja lo pada

  8. Dedy Wiryantop

    ni yang nulis cenderung ke R1 deh

  9. alessandro

    Yah menurut gw Honda CBR1000 Fireblade lah yg pling kencang…..Klo dilihat dri statistik dayno memang R1 lebih unggul….Tapi dilihat dari bukti Test Drive Drag race CBR1000 lah lbih unggul saat akan masuk di Gigi 2 .Karena Yamaha sangat mengadopsi tingkat akselerasi yang tinggi,tetapi dalam hal top speed kalah jauh dari CBR……Dan Masalah Body itu hal biasa.Karena kebanyakan Honda mengutamakan kenyamanan,irit BBM,Dan mesin yang awet.Sehingga Bentuk dan model motor Honda dari segi penampilan kurang ciamik di bandingkan Yamaha…..Hingga berpuluh” tahun..

  10. Semua bagus tapi boleh saya melwankan dengan nsr 500 cc

  11. Christoper

    Semuanya bagus kok tapi g ada salah nya kita bandingin keduanya dengan nsr500

  12. Hehehhe ane CBR kualitas, design, handling, termasuk performa
    tapi kalo diliat dr tenaga kayanya R1
    tp kalo ditawarin jelas pilih CBR 1000rr wkwkwk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: