Pilihan Supersport 2013, Bingung…?

Jika sebelumnya telah dibahas tentang sepeda motor superbike di sini maka kali ini akan dibahas kelas supersport yang beredar di tahun 2013.

Kelas Supersport adalah sepedamotor dengan basic kapasitas mesin 600cc semakin ramai dipasarkan sehingga pabrikan betul-betul harus mengeluarkan jurus maut andalan guna mengungguli saingannya. Saking ramainya pasar di kelas ini sehingga boleh dibilang lengkap pemain yang bermain di sini mulai dari produk Jepang yaitu Honda Yamaha, Suzuki, Kawasaki sampai dengan produk Eropa yakni Ducati, MV Agusta dan Triumph. Selama ini mungkin yang sering terdengar di kuping kita adalah kuartet Jepang plus Ducati, tapi jangan remehkan MV Agusta dan Triumph karena banyak yang berlalu lalang di jalanan.

Kawasaki yang sudah masuk secara resmi di Indonesia melalui ATPM nya lebih unggul karena ketersediaan parts dan layanan servisnya, yang lain masih harus melalui Importir Umum sehingga kesulitan dalam hal ketersediaan parts dan servis. Tapi dengan rencana Yamaha yang akan memasukan R6 nya, maka ZX6 akan mendapat kompetitor yang tangguh. Suzuki masih malu-malu, Honda….? Malaikat juga tahu…

Berikut adalah kelas Supersport tahun 2013, manakah yang menjadi pilihan anda ?

1.      1. Honda CBR600RR

Performance :

Power : 100.67 hp di 15,500 rpm

Torsi : 44.81 lb-ft di 10,600 rpm

Tipe mesin : DOHC 4 silinder segaris 16 klep 599cc

Diameter langkah : 67.0 x 42.5mm

Rasio kompresi : 12.2 : 1

Pasokan BBM : Injeksi Dual Stage

Kopling : Tipe basah, multiplat

Transmisi : 6 percepatan

Final drive : 16/42

Tipe frame : Twin Spar Alumunium

Suspensi depan : Inverted Showa 41mm Big Piston Fork

Suspensi belakang : Monoshock gas & Swing arm  Pro Link Showa

Rem depan : Tokico 4 piston caliper & disc brake 310mm

Rem belakang : Nissin single piston caliper & disc brake 220 mm

Bobot kosong  : 415 lbs (188.24kg)

Sumbu roda : 53.9 in.

Rake / Trail : 23.5 derajat / 3.86 in.

Tinggi jok : 32.3 in.

Kapasitas tangki : 4.8 gallons (18 liters)

Harga : USD 11,499

Keunggulan :

          Bobot paling ringan

          Mudah membelok dan lincah

          Sok terasa sempurna waktu menikung

          Suspensi berteknologi BPF (Big Piston Fork)

Kelemahan :

          Power top-end kurang

          Slipper clutch dan Quickshifter kurang maksimal

          Jok agak licin

2.      2. Yamaha YZF-R6

Performance :

Power : 106.93 hp di 13,700 rpm

Torsi : 44.39 lb-ft di 10.000 rpm

Tipe mesin : DOHC 4 silinder segaris 16 klep 599cc

Diameter langkah : 67.0 x 42.5mm

Rasio kompresi : 13.1 : 1

Pasokan BBM : Injeksi Dual Stage

Kopling : Tipe basah, multiplat dengan slipper

Transmisi : 6 percepatan

Final drive : 16/42

Tipe frame : Twin Spar Alumunium

Suspensi depan : Garpu Soqi  41mm

Suspensi belakang : Monoshock gas & Swing arm  Soqi

Rem depan : Sumitomo 4 piston caliper & disc brake 310mm

Rem belakang : Sumitomo double piston caliper & disc brake 220 mm

Bobot kosong  : 414 lbs (187 kg)

Sumbu roda  : 54.1 in.

Rake / Trail : 23.5 derajat / 3.86 in.

Tinggi jok : 33.1in.

Kapasitas tangki : 4.5 gallons (17 liters)

Harga : USD 10,990

Keunggulan :

          Top-end paling kuat di kelas 600cc

          Over-rev excellent

          Handling tajam, enak buat tikungan

          Feeling rem terasa kuat

Kelemahan :

          Posisi jok model balap, kurang cocok buat daily use

          Power mid range agak terlambat

          Butuh rider spesialis balap

3.      3. Kawasaki ZX6R

Performance :

Power : 114.25 hp di 13,500 rpm

Torsi : 47.16 lb-ft di 11,300 rpm

Tipe mesin : DOHC 4 silinder segaris 636cc

Diameter langkah : 67.0 x 45.1mm

Rasio kompresi : 12.9 : 1

Pasokan BBM : DFI dengan Keihin 38mm

Kopling : Tipe basah, FCC

Transmisi : 6 percepatan

Tipe frame : Perimeter Alumunium

Suspensi depan : Garpu Showa  41mm BP-SFF

Suspensi belakang : Swing arm  & Uni Track dengan monoshock gas

Rem depan : Nissin 4 piston monoblock caliper & Petal disc brake 310mm

Rem belakang : Satu piston caliper & Petal disc brake 220 mm

Bobot kosong  : 421 lbs (190.92 kg)

Sumbu roda  : 54.9 in.

Rake : 23.5 derajat

Tinggi jok : 32.7 in.

Kapasitas tangki : 4.5 gallons (17 liters)

Harga : USD 11,699

Keunggulan :

          Performa mesin terasa kuat

          Feeling pengereman paling bagus

          Easy to ride di kecepatan tinggi

Kelemahan :

          Tanpa Quickshifter

          Top-end power masih kalah kelas

 

4.      4. Suzuki GSX-R600

Performance :

Power : 104.84 hp di 13,500 rpm

Torsi : 44.69 lb-ft di 11,700 rpm

Tipe mesin : DOHC 4 silinder segaris 16 klep 599cc

Diameter langkah : 67.0 x 42.5mm

Rasio kompresi : 12.9 : 1

Pasokan BBM : Injeksi

Kopling : Tipe basah, multiplat dan slipper

Transmisi : 6 percepatan

Final drive : 16/43

Tipe frame : Twin Spar Alumunium

Suspensi depan : Inverted Showa 41mm Big Piston Fork

Suspensi belakang : Monoshock gas & Swing arm  Almu Showa

Rem depan : Brembo  4 piston monoblock caliper & disc brake 300mm

Rem belakang : Brembo single piston caliper & disc brake 220 mm

Bobot kosong  : 417 lbs (189.1kg)

Sumbu roda : 54.5 in.

Tinggi jok : 31.9 in.

Kapasitas tangki : 4.5 gallons (17 liters)

Harga : USD 11,599

Keunggulan :

          Ergonomi berkendaraan sangat nyaman

          Easy to Ride

          Bobot ringan cocok untuk semua biker

Kelemahan :

          Power masih terasa kurang

          Steering kurang tajam

          Rem loss saat direm keras

5.      5. Triumph Daytona 675R

https://i0.wp.com/www.cycleworld.com/wp-content/uploads/2012/11/2013-Triumph-Daytona-675R_010.jpg

Performance :

Power : 113.68 hp di 13.000 rpm

Torsi : 49 lb-ft di 10,200 rpm

Tipe mesin : DOHC 3 silinder segaris 12 klep 675cc

Diameter langkah : 67.0 x 49.6mm

Rasio kompresi : 13.1 : 1

Pasokan BBM : Multipoint sequential electronic fuel injection with forced air induction and SAI

Kopling : Tipe basah, multiplat and slipper

Transmisi : 6 percepatan

Final drive : 16/42

Tipe frame : Twin Spar Alumunium

Suspensi depan : Ohlins 43mm garpu upside down NIX30

Suspensi belakang : Ohlins TTX36 twin tube monoshock

Rem depan : Brembo 4 piston caliper ABS (bisa dimatikan) & disc brake 310mm

Rem belakang : Brembo single piston caliper & disc brake 220 mm

Bobot kosong  : 415 lbs (188.24kg)

Sumbu roda : 54.1 in.

Rake / Trail : 23.0 derajat / 3.46 in.

Tinggi jok : 32.7 in.

Kapasitas tangki : 4.6 gallons (17.4 liters)

Harga : USD 13,499

Keunggulan :

          Power mesin kuat di putaran menegah

          Over-rev tidak terasa

          Akselerasi spontan berkat quickshifter

          Sasis kokoh dengan setelan suspense yang pas

Kelemahan :

          Power top-end kurang

          Rem kurang menggigit

6.      6. MV Agusta F3

Performance :

Power : 114.31 hp di 14.800 rpm

Torsi : 47.02 lb-ft di 11,200 rpm

Tipe mesin : DOHC 3 silinder segaris 12 klep 675cc

Diameter langkah : 79.0 x 45.9mm

Rasio kompresi : 13.0 : 1

Pasokan BBM : Injeksi DSFI

Kopling : Tipe basah, multiplat e

Transmisi : 6 percepatan

Final drive : 16/43

Tipe frame : Steel / Alumunium

Suspensi depan : 43mm Marzocchi inverted fork

Suspensi belakang : Sachs gas-charged shock

Rem depan : Brembo double calipers & 320mm disc brakes.

Rem belakang : Brembo 2 psiton caliper dan  220mm disc brake

Bobot kosong  : 427 lbs (193.69kg)

Sumbu roda : 54.23 in.

Rake / Trail : 23.6 derajat / 3.89 in.

Tinggi jok : 31.96 in.

Kapasitas tangki : 4.22 gallons (15.98 liters)

Harga : USD 13,999

Keunggulan :

          Top-end power cepat diraih

          Bagus saat handling di mid corner

          Gigi rasio tipe rapat

          Quickshifter sempurna

Kelemahan :

          Suspensi agak keras

          Gas ride by wire ada jeda

          Power bawah terlalu soft

 

7.      7. Suzuki GSX-R750

Performance :

Power : 126.65 hp di 12,600 rpm

Torsi : 55.52 lb-ft di 11,100 rpm

Tipe mesin : DOHC 4 silinder segaris 16 klep 750cc

Diameter langkah : 70.0 x 48.7mm

Rasio kompresi : 12.5 : 1

Pasokan BBM : Injeksi

Kopling : Tipe basah, multiplat dan slipper

Transmisi : 6 percepatan

Final drive : 16/43

Tipe frame :

Suspensi depan : Inverted Showa 43mm Big Piston Fork

Suspensi belakang : Monoshock gas & Swing arm  Almu Showa

Rem depan : Brembo  4 piston monoblock caliper & disc brake 300mm

Rem belakang : Brembo single piston caliper & disc brake 220 mm

Bobot kosong  : 425 lbs (192.78kg)

Sumbu roda : 54.7 in.

Tinggi jok : 31.9 in.

Kapasitas tangki : 4.5 gallons (17 liters)

Harga : USD 12,199

Keunggulan :

          Powerband merata

          Easy to Ride, handling bisa diprediksi

          Ergonomi yang nyaman

Kelemahan :

          Oper gigi agak keras

          Sedikti loss rem

          Kapasitas nanggung

8.      8. Ducati 848 Evo Corse SE

ducati superbike 848 evo corse se picture

Performance :

Power : 121.27 hp di 10,500 rpm

Torsi : 62.67 lb-ft di 9,600 rpm

Tipe mesin : L-twin 8 klep 849cc

Diameter langkah : 70.0 x 48.7mm

Rasio kompresi : 13.2 : 1

Pasokan BBM : Injeksi Marelli

Kopling : Tipe basah, multiplate

Transmisi : 6 percepatan

Final drive : 15/39

Tipe frame : Steel Trellis

Suspensi depan : Inverted Showa 43mm

Suspensi belakang : Monoswing arm  & Monoshock gas Ohlins

Rem depan : Brembo  4 piston monoblock caliper & disc brake 320mm

Rem belakang : Brembo twin piston caliper & disc brake 245mm

Bobot kosong  : 429 lbs (194.6kg)

Sumbu roda : 56.3 in.

Rake : 24.5 derajat

Tinggi jok : 32.6 in.

Kapasitas tangki : 4.8 gallons (17.04 liters)

Harga : USD 14,995

Keunggulan :

          Top-end power kuat

          Mesin khas L-twin

          Mimiliki fitur traction control

          Dilengkapi quickshifter

Kelemahan :

          Bobot yang lumyan berat

          Steering agak kaku

          Power bawah agak lemah

sumber : berbagai sumber

Categories: Flash News | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: