Mudik = Touring

Minggu ini digunakan banyak orang untuk mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga. Buat yang gak mudik…kasian ya de lu, hehehhehehehe…..

Buat pemudik yang menggunakan sepeda motor, mudik ibarat touring karena harus mempersiapkan diri dan sepeda motor karena jalanan yang padat penuh dengan berbagai macam kendaraan plus jalana yang rusak.

Whooaaa…. macet-cet !!!

Untuk amannya sebelum mudik ada baiknya anda mempersiapkan semuanya seperti saat mau melakukan touring sehingga bisa sampai di tujuan dengan aman.

Mudik dengan sepeda motor memang mengasyikan tapi persiapan yang matang sangat diperlukan. Bukan hanya sepeda motornya saja yang perlu dipersiapkan dengan benar (servis ke bengkel) tapi juga perlu kesiapan fisik dan psikis.

Cek dulu ya sebelum mudik biar aman di jalan

Tips mudik yang aman :

1. Kenali rute dan jalur alternatif serta kondisi jalan.

Tentukan rute yang akan ditempuh dan kenali kondisi jalan serta tentukan jalur alternatif. Ini penting sehingga anda bisa mengenali jalan yang rusak atau jalan yang harus dihindari karena macet. Informasi kondisi jalan dapat dipantau lewat tv atau radio atau media sosial lainnya.

Image

2. Pemanasan

Sebelum berangkat mudik yang memakan waktu 2 jam atau lebih ada baiknya melakukan pemanasan sebelum berangkat 3-5 menit supaya otot-otot tidak kaku. Kalau otot tidak kaku maka aliran darah akan lancar sehingga otot akan flrksibel untuk manuver.

Tu…wa…ga ! Tu…wa…ga!!

3. Posisi duduk

Posisi duduk di jok ternyata memberikan andil bagi timbulnya kelelahan. USahakan posisi pinggang tegak namun tetap santai, demikina dengan posisi tangan paling tidak membentuk sudut 30 derajatdari setang. Ingat, jangan berboncengan 3 orang atau lebih atau membawa beban berlebihan yang bisa membuat anda cepat lelah karena posisi duduk yang tidak nyaman dan sulit untuk bermanuver dalam kondisi bahaya.

http://panel.mustangcorps.com/admin/fl/upload/files/mudik(35).jpg

4. Gunakan helm, jaket, pelindung lutut dan siku

Gunakan perlengkapan standar touring untuk melindungi anda saat terjadi kecelakaan. Ada banyak berita tentang kecelakaan yang menimpa pemudik dan berakibat fatal karena tidak menggunakan alat pelindung diri saat mudik tahun lalu.

Akibatnya bisa fatal, lho

Yang aman sama yang tidak aman, pilih mana ?

5. Jangan pakai celana ketat

Celana ketat akan menekan otot perut sehingga sulit untuk melakukan berbagai manuver. Pakailan celana yang sedikit longgar.

6. Perbanyak minum air putih dan istirahat

Selama perjalanan banyak cairan tubuh yang berkurang karena keringat yang bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegahnya maka dianjurkan untuk beristirahat setiap 2 jam berkendaraan dan minumair putih secukpnya. Jika tubuh kekurangn cairan bisa membuat reflek berkurang.

6. Patuhi aturan lalu lintas

Patuhi semua aturan lalu lintas sehingga anda bisa terhindar dari bahaya, jangan sampai mudik anda gagal hanya karena anda melanggar aturan lalu lintas

Selamat bermudik ria, semoga sampai tujuan dengan selamat dan berkumpul dengan keluarga untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1434 H.

http://www.infongawi.com/show_image_trnsFeatured.php?filename=/2013/07/mudik.jpg&cat=1&pid=8605&cache=false

Categories: Tips n Trick | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: