Tips and Trick Membeli Moge Bekas

Saat ini sangat banyak moge berbagai merek yang bersileweran di sekitar kita dan komunitas moge sudah tumbuh subur hampir di seluruh kota besar di Indonesia mulai dari yang satu produk seperti Harley Davidson dan Ducati maupun komunitas dengan moge campuran karedok produk Jepang : Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Saat ini harga moge baru sport ataupun touring bias ditebus di atas 200an juta dengan surat resmi dan buat beberapa penghobi memilih moge bekas dengan kondisi baik menjadi keharusan.

JIka kita terpaksa menebus motor impian kita, apa saja yang harus kita perhatikan sebelum dibawa pulang ke rumah?

1. Tipe moge : Sport atau Touring

Sebelum memutuskan meminang sebuah moge anda perlu menyesuaikan moge dengan gaya dan hobi mengendara anda. Jangan  mengambil moge jenis cruiser jika anda bergaya sport atau sebaliknya  karena dapat mengurangi kenyamanan berkendara itu sendiri. Pilih moge  yang berjenis touring jika ingin dipakai sehari-hari dan moge jenis ini  juga cocok untuk dibawa perjalanan jauh. Kalau anda suka kecepatan maka anda tentu akan memilih jenis sport.

 

2. Populasi kendaraan

Pilihlah moge dengan populasi yang banyak di sekitar anda untuk kemudahan spare part dan service. Semakin jarang populasinya maka anda akan kesulitan menemukan bengkel atau spare part.

 

3. Dokumen kendaraan.

Setelah menentukan pilihan maka langkah berikutnya adalah mengecek surat kendaraan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak moge bodong yang bersileweran di sekitar kita. Pastikan jika anda ingin membeli moge “full paper” maka anda bisa mengecek surat tersebut ke Samsat. Jika anda memilih moge “no paper”  atau bodong pastikan anda mengetahui resiko dan untung ruginya menjadi pertimbangan anda. Ada baiknya juga anda membeli moge dari komunitas sehingga track record-nya bisa diketahui.

 

 

4. Engine

Pertama perhatikan bagian mesin ,cara  paling mudah adalah dengan melihat apakah ada oli yang bocor atau  tidak,atau merembes dari blok tengah atau tidak. Yang anda perhatikan  adalah apakah blok mesin yang bocor ataukah gasket yang termakan  usia.Perhatikan benar benar faktor ini, jika ada rembesan oli, perhatikan kemungkinan blok mesin yang pernah pecah atau hanya karena gasket yang termakan usia.

Image

 

 

5. Rangka

Kedua yang perlu kita perhatikan adalah kondisi rangka kendaraan itu sendiri. Apakah masih menggunakan cat original atau sudah dicat ulang. Jika kendaraan yang anda incar masih menggunakan cat original maka ini memunginkan bagian  yang bengkok akan ketahuan.

 

 

6. Eletrical

Sistem kelistrikan moge juga perlu diperhatikan. Memeriksa sistem kelistrikan ini adalah dengan mengecek kabel-kabel, perhatikan apakah kabelnya masih asli atau sudak ada yang diganti. Jika kabel sudah ada yang diganti maka mungkin akan  menjadi masalah dimana kemungkinan sensor motor terganggu akan cukup besar.

 

 

7. Engine start

Tahap selanjutnya yang harus diperhatikan adalah starter engine-nya untuk mengetahui apakah mesin masih standar atau tidak. Gunakan electric starter tanpa digas.Jika engine motor bisa idle berarti engine masih sehat atau setelan engine benar. Apabila harus di gas supaya engine tetap hidup maka ada kemungkinan fuel mixture yang tidak benar, timing mesin yang salah, atau kompresi bocor.

 

Sebelum resmi ditebus ada baiknya dilakukan test rideuntuk mencari tahu kekurangan motor tersebut apa. Yang terpenting adalah untuk mengecek chasis, lari ke kiri atau ke kanan tidak, bekas nabrak atau tidak yang hanya diketahui jika kita test ride.

Jangan lupa test ride, bro

Dan ada baiknya kita membawa teman atau kenalan yang mengerti tentang moge sehingga dapat memberi masukan sebelum membeli untuk menghindari “membeli kucing dalam karung” yang akhirnya bukannya enjoy malah buntung karena banyak perbaikan yang harus dilakukan dan tidak sepadan dengan harga moge.

 

Happy hunting……

 

 

“dari berbagai sumber”

Categories: Tips n Trick | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Tips and Trick Membeli Moge Bekas

  1. Thanks info nya mas bro…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: