OOT : Mengenal Rig Pengeboran Minyak

Setiap kita riding pasti ada saatnya kita mengisi bahan bakar kita, tapi pernah kah terpikir darimana premium atau pertamax itu berasal atau bagaimana cara mengolahnya? Tulisan kali ini sedikit tentang pengoboran minyak lepas pantai.

Semua pasti tau kalau bahan bakar yang kita pakai sehari-hari diolah dari minyak bumi yang diambil dari perut bumi. Supaya bisa diangkat ke permukaan diperlukan peralatan khusus yang namanya rig. Dan mungkin pernah dengar pengeboran lepas pantai atau anjungan minyak lepas pantai. Pernah nonton film Armageddon? Nah, kira-kira mirip itulah untuk melakukan pengeboran.

Rig merupakan serangkaian peralatan yang digunakan untuk membor sumur untuk mendapatkan minyak bumi atau gas alam. Rig itu mempunyai menara yang terbuat dari baja (biasa disebut menara bor atau derrick) yang dapat digunakan untuk menaikan dan menurunkan pipa-pipa tubular pada sumur pengeboran. Selain pipa juga digunakan mata bor untuk membuat lubang di perut bumi. Jangan membayangkan mata bor seperti :

Mata bor atau biasa disebut juga dengan drill bit bentuknya tertentu dan yang pasti harus kuat luar biasa untuk menghancurkan tanah dan batu. Sehingga jangan heran kalau drill bit ada yang terbuat dari diamond / berlian. Woooww…bisa dijual dong.

Drill bit – ingat film Armageddon

 

Macam bentuk drill bit

Rig berdasarkan lokasinya dibagi menjadi :

  • Rig Darat (Land Rig), merupakan rig yang beroperasi di daratan. Rig darat ini sendiri dirancang secara portable sehingga mobilisasi atau pindah lokasi yang biasanya menggunakan truk. Untuk wilayah yang sulit dijangkau biasanya menggunakan helikopter.

  • Rig Laut (Offshore Rig), merupakan rig yang dioperasikan di atas permukaan air seperti laut, rawa-rawa, sungai, danau, maupun delta sungai. Offshore Rig sendiri terbagi atas berbagai macam jenis berdasarkan kedalaman air yaitu:
    • Swamp Barge: merupakan jenis rig laut yang hanya pada kedalaman sekitar 7 meter dan sering dipakai di daerah rawa-rawa dan delta sungai.

    • Tender Barge, merupakan jenis rig laut yang sama dengan model Swamp Barge namun dipakai perairan yang lebih dalam lagi.

    •  Jack Up Rig, rig jenis ini menggunakan platform yang dapat mengapung dengan menggunakan tiga atau empat kakinya. Pada saat akan beroperasi semua kakinya diturunkan hingga ke dasar laut badan dari rig diangkat hingga di atas permukaan air dan memiliki bentuk seperti platform. Untuk mobilisasi  semua kakinya harus dinaikan dan rignya akan mengapung dan kemudian akan ditarik menggunakan kapal. Pada operasi pengeboran menggunakan rig jenis ini dapat mencapai kedalaman lima hingga 200 meter.

Jack up rig Ensco-108

    • Drilling Jacket, merupakan jenis rig yang menggunakan platform berstruktur baja. Pada umumnya memiliki bentuk yang kecil dan sangat cocok berada di laut dangkal maupun laut tenang. Rig jenis ini sering dikombinasikan dengan Rig Jack Up maupun Tender Barge.

    • Semi-Submersible Rig,  disebut juga “semis” ini merupakan model rig yang mengapung yang menggunakan hull. Dengan menggunakan thruster (semacam baling-baling) dan ballast control system maka semisub dapat mengatur posisinya secara dinamis (Dinamic Position). Semi sub sering dipakai pada lokasi yang berombak besar dan memiliki cuaca buruk dengan kedalaman laut 75-750m

    • Drill Ship, merupakan rig yang ditempatkan di atas kapal laut untuk pengeboran di laut dalam. Pada kapal ini, didirikan menara dan bagian bawahnya terbuka ke laut (Moon Pool).

Drill Ship Energy Searcher

 

Secara mudahnya rig laut atau offshore rig bisa digambarkan seperti ini :

 

Demikian sekilas informasi tentang peralatan yang namanya “RIG” yang digunakan untuk mengangkat minyak bumi atau gas alam sebelum diproses menjadi bahan bakar.

 

 

Categories: Others | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “OOT : Mengenal Rig Pengeboran Minyak

  1. sri nugroho

    Hallo aku di AHTS sampean di mana?

  2. Daniel Sinaga

    Halo min, boleh bertanya ada info terbaru untuk inovasi yg akan di kembangkan untuk setiap peralatan pada rig?
    Tolong share dong hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: