Monthly Archives: January 2015

Rossi dan Lorenzo meluncurkan Movistar Yamaha MotoGP 2015

4

 

Tepat hari ini Movistar Yamaha MotoGP 2015 diluncurkan di kantor pusat sponsor Telefónica di Madrid, Spanyol ke awak media seluruh dunia dengan menhadirkan pembalap andalan Rossi dan Lorenzo. Selain itu hadir pula presiden Telefónica Spanyol Luis Miguel Gilpérez,  Manager Umum Yamaha Motor Co., Ltd’s Divisi Motorsport Kouichi Tsuji, Managing Director Yamaha Motor Racing  Lin Jarvis, dan Direktur Tim Movistar Yamaha MotoGP’s Massimo Meregalli.

8  9

5

 

Capture

 

2

1

  3

 

Jika dilihat dari foto yang di-published  motorsport.com warna utama YZR-M1 masih sama dengan biru tua dan putih dengan perubahan ukuran logo Movistar. Selain itu juga diperkenalkan sponsor baru tim yaitu Abarth, Cromax Descente.

 

6

 

Kapan ya Repsol Honda dan Ducati akan launch livery motor versi 2015 ya. Apa akan di-lauch setelah tes resmi musim 2015 minggu depan di Sepang?

Categories: MotoGP | Leave a comment

HONDA – Masih di Depan

Mengutip data dari Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) tanggal 9 Januari 2015 ternyata  penjualan sepeda motor nasional hanya tumbuh 1,2% dari 7.771.014 unit pada 2013 menjadi 7.867.195 unit pada 2014. Pertumbuhan yang kecil tapi efeknya terasa kan…banyak sepeda motor di jalan dibandingkan mobil. Jadi ingat Bogor nih beberapa tahun lalu dimana terlihat seperti lebih banyak angkot daripada penduduknya, hehehehehehe…

 

Boleh dong berandai-andai nih….

Sepanjang 2014 laku 7.867.195 unit, maka dalam sebulan 655.600 unit atau dalam sehari laris manis 21.853 unit. Jika dihitung lagi maka setiap jam ada 911 unit yang dibawa pulang dari dealer. Artinya setiap menit pasti ada 15 unit yang terjual. Edddiiiaannn tenan.

 

Kebayang nggak di tahun-tahun mendatang seperti apa jumlah motor di jalanan jika melihat target dari pabrikan, bisa seperti Vietnam nih.

VN

vn 2

Lalu lintas di Vietnam

 

penjualan motor 2015 prediksi

Target penjualan mobil vs sepeda motor tahun 2015

 

Jika di-break down berdasarkan merk  hasil penjualan 2014 :

  1. Honda berhasil menjual 5.055.510 unit atau naik sekitar 7,5 % bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat Honda menguasai market share 63,92%
  2. Yamaha menjual 2,390,902 unit. Terjadi penurunan sebesar 4.20% jika dibandingkan tahun 2013 yang berjumlah 2,495,796 unit. Yamaha memakan menguasai market share 30.23%.
  3. Suzuki menjual  275,184 unit, atau turun sebesar 31.31% dibanding tahun 2013 yang mencapai 400,675 unit. Suzuki meraih market share 3.48% saja.
  4. Kawasaki menjual 165,231 unit, naik sebesar 7.43% dibandingkan tahun 2013 yang hanya 153.807 unit. Market share Kawasaki adalah 2.09%.
  5. TVS menjual 22.114 unit, naik 11.32% dibandingkan tahun 2013 yang laku sebanyak 19.865 unit. Market share TVS 0.28%.

 

honda

 

 

Bagaimana dengan penjualan merek yang lain, ternyata tidak dihitung karena tidak terdaftar di AISI. Jadi sebenarnya total penjualan sepeda motor di tahun 2014 lebih dari  7.867.195 unit dong.

 

Dengan melihat hasil penjualan tahun ini dan tahun 2013, Honda lebih cocok menggunakan tagline : “HONDA TETAP DI DEPAN” karena rival-rivalnya tidak dapat mendekati angka penjualan pabrik sayap mengepak. Pihak pabrikan harus merubah strategi marketing agar bisa menandingi Honda.

 

Jika di break down berdasarkan tipe sepeda motor maka type skutik lah yang menguasai jalanan sekarang diikuti bebek dan motor sport.

 

wpid-penjualan-sepeda-motor-2014-2

 

Bagaimana dengan type moge ? Hadeeeehhh…ini yang susah dihitung. Moge ada yang masuk lewat Importir Umum maupun yang resmi ATPM. Kalau lewat ATPM masih bisa dicari data nya, lha kalau dari IU, bejibun…. Kalau mau dihitung total sih gampang, nunggu rombongan moge lewat trus hitung deh baru dikali banyak, hehehehehehehe……

 

 

Categories: Flash News | Leave a comment

“Seamless Gearbox”, Apaan Tuh?

File:Moto Gp logo.svg

MotoGP musim 2015 sebentar lagi akan segera dimulai, kira-kira Yamaha bias ngejar Honda nggak ya? Atau lebih specific lagi VR46 dan Lorenzo bisa menjadi lawan sengit buat bocah ajaib Marquez mengingat superior Honda di dua musim terakhir dimana Honda mengandalkan Seamless Gear dan kemudian akhirnya diikuti Yamaha.

 

Apakah Seamless Gear itu?

Seamless Gear atau Seamless-Shift Gearboxes atau Zeroshift ( perusahan penemu prototipe transmisi ini) sudah diterapkan pada motor moge keluaran Honda beberapa tahun yang lalu dan mulai tahun 2012 sudah diterapkan pada motoGP Honda RC212V tunggangan Casey Stoner.

 

Image

 

 

 

Seamless Gearbox ini sudah diterapkan di team F1 Honda yang oleh teknisi HRC dipasang ke motor Hona RC212V. Fungsi Seamless Gearbox ini adalalah di saat terjadi perpindahan gigi tidak akan terjadi hentakan, ban depan tidak terangkat bila menaikkan gigi, begitu pula sebaliknya, tidak akan terjadi Engine Brake yang berlebihan ketika gigi diturunkan. Karena hal tersebut sudah diatur ecu agar perpindahan gigi hanya pada rpm yang sudah ditentukan. Dengan kata lain pembalap tidak perlu menggunakan kopling untuk menaikkan gear maupun saat menurunkan gear seperti motor bebek.  Sehingga dengan teknologi ini Honda bisa memangkas waktu 0.3-0.5 detik di setiap putaran, dan untuk MotoGP selisih waktu seperti ini adalah luar biasa.

 

Selain itu saat melakukan penurunan gear yang dibarengi engine brake maka tidak terdengar bunyi letupan pada knalpot yang diikuti si api biru. Juga gejala ban belakang terkunci karena menurunkan gigi yang tidak sesuai rpm bisa diminimalisirkan karena semuanya sudah diatur oleh ECU.

 

 

Mudah-mudahan tahun ini Yamaha berhasil mengembangkan Seamless Gearbox-nya sehingga bisa memberi perlawanan di musim ini.

 

Selain itu kita tunggu teknolgi terbaru dari Honda yang akan dicangkokan di tunggangan Marquez dan Pedrosa.

Categories: MotoGP | Leave a comment

Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali

images

 

 

Ada pepatah mengatakan lebih biar lambat asal selamat, tapi sepertinya yang lebih cocok untuk moment ini  adalah: Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali.

 

Merry-Christmas-and-Happy-New-Year-2015-801350

 

Selamat Hari Natal buat teman-teman yang merayakan, dan selamat Tahun Baru. Semoga di tahun 2015 lebih baik dari tahun sebelumnya.

Safe ride, bro and sista semuanya.

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Blog at WordPress.com.