“Seamless Gearbox”, Apaan Tuh?

File:Moto Gp logo.svg

MotoGP musim 2015 sebentar lagi akan segera dimulai, kira-kira Yamaha bias ngejar Honda nggak ya? Atau lebih specific lagi VR46 dan Lorenzo bisa menjadi lawan sengit buat bocah ajaib Marquez mengingat superior Honda di dua musim terakhir dimana Honda mengandalkan Seamless Gear dan kemudian akhirnya diikuti Yamaha.

 

Apakah Seamless Gear itu?

Seamless Gear atau Seamless-Shift Gearboxes atau Zeroshift ( perusahan penemu prototipe transmisi ini) sudah diterapkan pada motor moge keluaran Honda beberapa tahun yang lalu dan mulai tahun 2012 sudah diterapkan pada motoGP Honda RC212V tunggangan Casey Stoner.

 

Image

 

 

 

Seamless Gearbox ini sudah diterapkan di team F1 Honda yang oleh teknisi HRC dipasang ke motor Hona RC212V. Fungsi Seamless Gearbox ini adalalah di saat terjadi perpindahan gigi tidak akan terjadi hentakan, ban depan tidak terangkat bila menaikkan gigi, begitu pula sebaliknya, tidak akan terjadi Engine Brake yang berlebihan ketika gigi diturunkan. Karena hal tersebut sudah diatur ecu agar perpindahan gigi hanya pada rpm yang sudah ditentukan. Dengan kata lain pembalap tidak perlu menggunakan kopling untuk menaikkan gear maupun saat menurunkan gear seperti motor bebek.  Sehingga dengan teknologi ini Honda bisa memangkas waktu 0.3-0.5 detik di setiap putaran, dan untuk MotoGP selisih waktu seperti ini adalah luar biasa.

 

Selain itu saat melakukan penurunan gear yang dibarengi engine brake maka tidak terdengar bunyi letupan pada knalpot yang diikuti si api biru. Juga gejala ban belakang terkunci karena menurunkan gigi yang tidak sesuai rpm bisa diminimalisirkan karena semuanya sudah diatur oleh ECU.

 

 

Mudah-mudahan tahun ini Yamaha berhasil mengembangkan Seamless Gearbox-nya sehingga bisa memberi perlawanan di musim ini.

 

Selain itu kita tunggu teknolgi terbaru dari Honda yang akan dicangkokan di tunggangan Marquez dan Pedrosa.

Categories: MotoGP | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: