HONDA – Masih di Depan

Mengutip data dari Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) tanggal 9 Januari 2015 ternyata  penjualan sepeda motor nasional hanya tumbuh 1,2% dari 7.771.014 unit pada 2013 menjadi 7.867.195 unit pada 2014. Pertumbuhan yang kecil tapi efeknya terasa kan…banyak sepeda motor di jalan dibandingkan mobil. Jadi ingat Bogor nih beberapa tahun lalu dimana terlihat seperti lebih banyak angkot daripada penduduknya, hehehehehehe…

 

Boleh dong berandai-andai nih….

Sepanjang 2014 laku 7.867.195 unit, maka dalam sebulan 655.600 unit atau dalam sehari laris manis 21.853 unit. Jika dihitung lagi maka setiap jam ada 911 unit yang dibawa pulang dari dealer. Artinya setiap menit pasti ada 15 unit yang terjual. Edddiiiaannn tenan.

 

Kebayang nggak di tahun-tahun mendatang seperti apa jumlah motor di jalanan jika melihat target dari pabrikan, bisa seperti Vietnam nih.

VN

vn 2

Lalu lintas di Vietnam

 

penjualan motor 2015 prediksi

Target penjualan mobil vs sepeda motor tahun 2015

 

Jika di-break down berdasarkan merk  hasil penjualan 2014 :

  1. Honda berhasil menjual 5.055.510 unit atau naik sekitar 7,5 % bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat Honda menguasai market share 63,92%
  2. Yamaha menjual 2,390,902 unit. Terjadi penurunan sebesar 4.20% jika dibandingkan tahun 2013 yang berjumlah 2,495,796 unit. Yamaha memakan menguasai market share 30.23%.
  3. Suzuki menjual  275,184 unit, atau turun sebesar 31.31% dibanding tahun 2013 yang mencapai 400,675 unit. Suzuki meraih market share 3.48% saja.
  4. Kawasaki menjual 165,231 unit, naik sebesar 7.43% dibandingkan tahun 2013 yang hanya 153.807 unit. Market share Kawasaki adalah 2.09%.
  5. TVS menjual 22.114 unit, naik 11.32% dibandingkan tahun 2013 yang laku sebanyak 19.865 unit. Market share TVS 0.28%.

 

honda

 

 

Bagaimana dengan penjualan merek yang lain, ternyata tidak dihitung karena tidak terdaftar di AISI. Jadi sebenarnya total penjualan sepeda motor di tahun 2014 lebih dari  7.867.195 unit dong.

 

Dengan melihat hasil penjualan tahun ini dan tahun 2013, Honda lebih cocok menggunakan tagline : “HONDA TETAP DI DEPAN” karena rival-rivalnya tidak dapat mendekati angka penjualan pabrik sayap mengepak. Pihak pabrikan harus merubah strategi marketing agar bisa menandingi Honda.

 

Jika di break down berdasarkan tipe sepeda motor maka type skutik lah yang menguasai jalanan sekarang diikuti bebek dan motor sport.

 

wpid-penjualan-sepeda-motor-2014-2

 

Bagaimana dengan type moge ? Hadeeeehhh…ini yang susah dihitung. Moge ada yang masuk lewat Importir Umum maupun yang resmi ATPM. Kalau lewat ATPM masih bisa dicari data nya, lha kalau dari IU, bejibun…. Kalau mau dihitung total sih gampang, nunggu rombongan moge lewat trus hitung deh baru dikali banyak, hehehehehehehe……

 

 

Categories: Flash News | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: