2016 : SIM C Tidak Berlaku Buat Moge

Seperti yang sudah diberitakan bahwa mulai 2016, Korlantas POLRI bermaksud untuk mengklasifikasikan SIM buat kendaraan bermotor roda dua berdasarkan kapasitas mesin.

sim-c-tak-berlaku-untuk-motor-gede

 

Salah satu alasan kepolisian adalah banyaknya kecelakaan yang melibatkan moge di jalan raya karena human error.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Condro Kirono, ”Kalau dilihat dari tingkat kesulitan dan mesin yang memiliki kemampuan besar, seharusnya dibedakan. Jenis SIM untuk pengguna motor besar sedang kami coba rencanakan berbeda dengan sepeda motor biasa,” ujar Condro.
Perwira tinggi kepolisian itu menambahkan, rencana pemberlakuan SIM khusus untuk moge ini bisa mulai diterapkan tahun depan. “Mudah mudahan, pada 2016 sudah mulai jalan,” imbu Condro.

”Rencananya akan dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan kelompok mesin, kategori di bawah 250 cc, antara 250 – 500 cc, serta di atas 500 cc. Gambarannya nanti, akan ada SIM C, SIM C1, dan SIM C2,” tukas Condro.

Trus kalau begini bagaimana prosedurnya, apakah pemilik moge harus memiliki ketiga jenis SIM jika dia memiliki, Mio(100cc), R25 (250cc), CBR (600cc) ???

“Nah itu yang masih kita rumuskan. Apakah akan diatur seperti SIM A yang beralih ke SIM B, maka otomatis SIM A masih tetap berlaku. Nantinya akan dirumuskan bagaimana idealnya,” lanjut Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan, Korlantas Mabes Polri. Jadi belum tahu atau belum pasti apakah dari SIM C bisa langsung naik tingkat ke SIM C2, atau harus ambil SIM C1 terlebih dahulu, nunggu Juklak dan Juklis dulu nih.

Kemudian bagaimana mekanisme penerbitannya, apakah harus melampirkan STNK-nya serta membawa motornya atau bagaimana? “Sedang dirumuskan, makanya tidak langsung di Bulan Januari, targetnya pada triwulan pertama 2016,” katanya lagi.

Selain itu saat ini Kepolisian juga tengah mempersiapkan para penguji untuk kategori SIM C2. “Kan tidak sembarangan orang bisa menguji saat sesi tes moge. Dan pengujinya juga kan mesti punya sertifikat. Masa nanti misalkan ditanya, pengujinya punya sertifitat atau tidak jadinya gimana.” tutupnya.

Jadi pemilik kendaraan di atas  250cc harus siap-siap membuat SIM baru karena prediksi  setelah April sudah mulai berlaku.

Kira-kira berapa biaya pembuatannya ya? Mudah-mudahan tidak ada calo yang berkeliaran….

 

 

Si KT Goes to Sabang - (Perjalanan yang Tertunda)

Si KT – SIM C

IMG_7219

Si DK – SIM C2

Harus yang mana : SIM C2 untuk keduanya atau harus memiliki 2 SIM (SIM C dan SIM C2) ??

 -dari berbagai sumber-

Categories: Flash News | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: