Welcome MotoGP Assen 2016

Assen 6

 

Libur 3 minggu setelah balapan seri Catalunya tentu membuat rider kembali fresh menjelang balapan di sirkuit Assen, Holland.

Assen 8

 

Balapan di Assen yang biasanya dilangsungkan pada hari sabtu maka sejak tahun 2016 ini akan dipindah ke hari minggu. Jadi seri ini merupakan balapan motogp pertama yang berlangsung di hari minggu sejak dimulai pertama kali tahun 1926.

Kenapa dulu balapannya di hari sabtu ya? Ternyata, dulu penduduk Assen merupakan penganut Kristen Protestan keras yang melarang semua aktifitas di hari minggu, karena hari minggu adalah hari beribadah yang tidak boleh diganggu dan terganggu.

Sekarang kok boleh ya? Ternyata pihak sirkuit telah melakukan penelitian panjang terhadap penggemar balap di Belanda. Akhirnya diputuskan, cara terbaik agar masa depan balapan ini lebih bagus adalah dengan memindahkannya ke hari Minggu

Balapan di sini juga unik, namanya bukan MotoGP Assen tapi TT (Tourist Trophy) Assen yg bagi penggemar balap merupakan Cathedral-nya bikers. Dan balapan di Assen selalu di akhir Juni setiap tahun. Artinya, seri MotoGP lain boleh diutak0taik jadwalnya tapi tidak untuk seri TT Assen.

 

 

Free practice dan kualifikasi dari hari jumat dilingkupi cuaca yang tidak pasti dimana sirkuit disiram hujan sebentar kemudian kering lagi yang mengakibatkan banyak pembalap yang ndlosor. Termasuk MM93 dan JL99.

 

Saat FP iniah Ducati mulai nunjuk gigi nya, mulai dari pabrikan maupun satelitnya yang hasilnya lebih baik dari tim pabrikan. Dan Dovioso pun akhirnya menepati pole position di race day hari ini.

Assen 1

Assen 2

Assen 3

Assen 4

 

Bagaimana dengan the Doctor? Setelah berada di peringkat 7 saat menit-menit awal kualifikasi akhirnya VR46 menembus front row di menit terakhir kualifikasi dengan menepati posisi ke dua. Dengan adaptasi yang baik dengan ban Michelin ditambah pengalaman maka berdiri di atas podium menjadi wajib untuk memangkas selisih pon dengan Marquez dan Lorenzo.

Kalau MM93 ada di posisi 4 maka JL99 ada di posisi 11, jjiaaahh jauh di belakang. Kok bisa? Pasti ban yang disalahkan lagi…

Marquez sendiri sempat ndlosor saat kualifikasi dan seperti biasa pasti aja ulahnya yang nyleneh, dimana MM93 ketahuan nyolong motor fotografer buat kembali ke paddock.
Assen 7
The Great Thief of MotoGP
Apakah drama tahun 2015 akan terulang kembali antara VR6 dan MM93 dimana senggolan keduanya di t2 tikungan terakhir menjelang finish membuat the Doctor keluar sebagai juaranya…
Assen 9
Assen 10
Rossi ad Marquez final battle at Assen 2015 :

 

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: