The History of CBR600RR

 

Sedih rasanya pas tau kalau CBR600RR, gen-nya di DK akan disuntik mati oleh Honda tanpa ada seri pengganti…padahal R6 dan ZX6 akan facelift habis-habisan tahun depan. Haddeehhh….

Tapi daripada bersedih hati dalam ketidakpastian yang tidak berkesudahan lebih baik kita melihat sejarah lahirnya CBR600RR sampai bisa jadi fenomenal di dunia per-bikers-an.

Inilah kisahnya…..(teng…teng….teng….. -kayak di pilem-pilem itulah)

Alkisah pada jaman dahulu…telah lahir salah satu CBR Honda yakni CBR400F3 Endurance tapi hanya untuk pasaran terbatas Jepang  atau JDM only dan kurang dikenal dunia.

CBR400F3

Kemudian lahirlah CBR600 Hurricane  di tahun 1987 dan dianggap sebagai tonggak lahirnya Honda CBR series karena Hurricane ini diproduksi dan dilego ke seluruh dunia dengan sodaranya CBR1000.

Boleh dibilang CBR600 Hurricane ini adalah motor sport middleweight pertama Honda yang menggunakan mesin Inline-Four, Liquid-Cooled & Full-Fairing dengan fairing yang membalut hampir seluruh bagian motor dan melahirlah jokes di kalangan penggemar nya “That’s Why It Called Full-Fairing !“. Si Hurricane ini mampu memuntahkan tenaga hingga 85 HP dengan 59 Nm, termasuk yang galak di jamannya.

CBR600 Endurance

CBR600Hurricane

Mau tahu suksesnya si Hurricane ini di pasaran? Saking fenomenalnya sampai American Motorcyclist Association membuat kelas balap khusus Supersport 600cc untuk menampung Hurricane enthusiastic.

Dan pada tahun 1990 Honda akhirnya merubah nama CBR600 Hurricane menjadi CBR600F yang lebih fokus di pengembangan mesin (peningkatan power lebih dari 10hp dibanding sebelumnya) yang membuatnya sulit terkejar di jalanan maupun di track.

12Nov_CBR600-Evolution_02_gallery_large

CBR600F

 

Pada tahun 1991, Honda akhirnya melahirkan CBR600F2 sebagai pengganti CBR600 Hurricane dan CBR600F yang disambut dengan luar biasa di seluruh dunia dan menjadi fenomenal berkat perpaduan antara performance dan kenyamanan. Boleh dibilang CBR600F2 ini lebih ringan, kompak, cepat dan lebih bertenaga di kelas middleweight yang pernah dibuat.

12Nov_CBR600-Evolution_03_gallery_large

CBR600F2

Pada tahun 1995 Honda memperkenalkan CBR600F3 untuk mengganti CBR600F2 dengan beberapa feature yang baru seperti dual ram-air intake, modifikasi engine dan rekalibrasi suspensi dan juga rem yang lebih besar.

12nov_cbr600-evolution_04_gallery_large

CBR600F3

 

Pada tahun 1999, CBR600F4 lahir dengan tambahan frame alumunium, rem yang lebih mumpuni dan engine yang lebih baik.

1999 CBR600F4

CBR600F4

 

 

Tahun 2001 CBR600F4 mengalami major change yaitu menjadi motor injeksi dengan teknologi PGM-FI atau program injection sehingga pengkodean juga berubah menjadi CBR600F4i. Selain iyu uga ada penambahan “new electronic digital ignation”, dual-stage ram-air intake tract, sistem knalpot yang baru. Dengan semua perubahan ini membuat tenaga meningkat sekitar 5 persen dari semua CBR yang menggunakan empat silinder segaris.

12nov_cbr600-evolution_06_gallery_large

CBR600f4i

 

Tahun 2003 kembali terjadi major change pada CBR600F4i dimana teknologi MotoGP diusung secara lengkap dan dicekoki ke dalam CBR600F4i. Teknologi MotoGP yang diadopsi adalah dari motor Honda RC211V dan namanya pun berubah menjadi CBR600RR yang bisa diartikan ready for the race ataupun race replica.

12nov_cbr600-evolution_07_gallery_large

CBR600RR

 

Pengalam di race track membuat Honda kembali membuat major change di tahun 2005 pada CBR600RR dengan sudut yang semakin tajam, lebih aerodinamic, perubahan pada sasis yang lebih “fashioned bodywork, menggunakan alumunium yang baru pada frame, swing arm dan shock belakang. Makin keren aja nih….

12nov_cbr600-evolution_08_gallery_large

Pada tagun 2009 menanamkan sistem ABS yang didisain untuk motor supersport. Mesin dan sistem pembuangan megalami sedikit oprekan untuk meningkatkan power, monoblok empat piston pada rem depan, juga bodywork yang baru yang lebih terlihat ready race.

12nov_cbr600-evolution_09_gallery_large

Tahun 2010 lahir lah grafis si DK.

 

Di 2013 CBR600RR mengalami minor change dengan meniru desain honda MotoGP racing program dengan lebih aerodinamis, lebih mudah handling, penimgkatan wind deflection yang membuat pengendara semakin nyaman.

2017….CBR600RR akan dimatikan oleh Honda, discontinue tanpa type pengganti. Jadi sekarang saatnya order CBR600RR sebelum kehabisan.

 

RIP HONDA CBR600RR

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: Others | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: