Awas, knalpot panas !!!

Image result for pertolongan pertama pada kecelakaan

 

 

Pernah terkena panasnya knalpot motor waktu masih kecil? Rasanya bagaimana, sakitnya tuh disini (sambil nunjukin luka), hehehehehe….

Image result for luka kena knalpot

 

Rata-rata sepeda motor yang beredar di Indonesia knalpotnya ada di sebelah kanan, sehingga yang menjadi korban knalpot adalah selalu kaki kanan boncenger. Kecuali jika boncenger duduknya ngadep ke belakang baru deh yang kiri jadi korban seperti mbak yang di atas ini. Ada yang mau kenalan…? Kenapa bukan rider yang jadi korban ya ? Ada sih, tapi jarang banget, misalnya rider iseng yang nempelin tuh betisnya ke knalpot.

Image result for boncenger

 

Untungnya sepeda motor sekarang sudah banyak yang pakai pelindung panas untuk mengurangi bahaya kulit kontak dengan knalpot, walaupun tidak melindngi 100% tapi paling nggak lebih aman dikit lah.

 

Image result for yamaha mio

 

Image result for motor bebek

 

Yang perlu diingat adalah walaupun sudah terpasang heat protection di knalpot bukan berarti kaki kita aman dari sengatan knalpot panas ya.

 

Trus apa yang harus kita lakkan kalau kaki atau betis kontak dengan knalpot panas sepeda motor? Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pada dasarnya kulit yang terkena knalpot membutuhkan penanganan luka bakar. Dan untuk mencegah bekas luka yang terlalu parah, maka pertolongan pertamanya juga harus benar. Jika penangan sejak awal sudah salah maka akan membutuhkan perawatan yang lebih serius.

 

Gejala umum kulit kontak dengan knalpot panas adalah :

  • Sakit yang buruk pada area kulit seperti rasa terbakar, panas, perih dan sangat tidak nyaman.
  • Bagian kulit yang terkena knalpot akan memerah, lalu menghitam dan melepuh (namun beberapa orang bisa mengalami bekas luka yang sangat buruk).
  • Ada cairan yang mengisi pada bagian luka akibat knalpot yang terlihat menggembung. Jika cairan dikeluarkan maka ada bau yang tidak nyaman dan rasa sangat perih.
  • Bengkak pada bagian kulit yang terkena knalpot.

 

Yang harus dilakukan setelah kulit kontak dengan knalpot panas adalah :

1. Lepaskan Media Panas

Segera setelah merasa terkena knalpot maka hindari sumber panas. Jika bagian area yang terkena knalpot dilapisi kain seperti celana, maka segera lepaskan kain tersebut. Cara ini bisa membantu agar rasa panas bisa segera hilang dari area kulit yang paling dekat. Lakukan dengan hati-hati agar bagian kulit yang terkena knalpot tidak bersentuhan dengan media apapun.

2. Dinginkan Kulit yang Terkena Knalpot

Berikutnya adalah mendinginkan luka. dengan air mengalir dari kran atau selang untuk membersihkan luka. Jangan menggosok bagian kulit dengan tangan atau alat apapun, jangan mencampur air dengan bahan apapun karena yang dibutuhkan hanya air dingin. Lakukan pendinginan ini selama 15 menit dan jangan menggunakan es karena es bisa menyebabkan peradangan pada luka.

3. Sterilkan Luka dengan

Untuk menyembuhkan luka adalah untuk menerapkan larutan garam ke luka, kemudian bersihkan dengan kain kasa dan semprotkan larutan ini lagi dan tunggu sampai kering. Larutan garam ideal untuk mengobati jenis luka bakar untuk menumbuhkan jaringan kulit sambil menghindari infeksi.

4. Tutup Luka dengan Kain Kasa

Jika luka , maka tutup luka dengan kain kasa yang steril. yang sudah diberi larutan garam pada. Cara ini bisa membantu agar luka tidak menjadi infeksi, jaringan kulit tidak rusak dan tidak meninggalkan bekas. Ganti kain kasa selama beberapa kali dalam sehari.

5. Jangan Menarik Kulit

Jangan menarik kulit karena menarik kulit bisa menyebabkan penularan kuman, virus atau bakteri. Selain itu bisa membuat jaringan luka pada kulit menjadi lebih buruk. Anda mungkin merasa bekas ini tidak nyaman sehingga tertarik untuk menghapus bagian yang menggembung. Biarkan bagian kulit hingga benar-benar mengering sendiri.

6. Berikan Gel Lidah Buaya

Kalau luka yang ditimbulkan cukup ringan, maka kita bisa memberikan gel lidah buaya ketika gelembung udara pada kulit hampir kering. Khasiatnya bisa membantu memulihkan jaringan kulit sehingga luka tidak berbekas.

7. Selalu Menutupi Luka

Selalu menutup luka dengan kain kasa untuk menghindari gesekan dengan kain dari celana atau pakaian. Selain itu menutup luka juga bisa membantu mencegah infeksi. Sebaiknya luka ditutup dengan kain kasa yang ringan, yang tidak meninggalkan bekas dan tidak menyebabkan tekanan pada luka.

Obat Kulit Kena Knalpot Motor

 

 

Bagaimana cara menghindari luka akibat kontak dengan knalpot panas? Yang paling utama adalah jadilah rider jangan boncenger. Kalau terpaksa jangan menggunakan sepeda motor tapi pakai sepeda atau mobil. Kalau tidak ada pilihan lain maka biasakan boncenger kalau turun dari motor harus dari sebelah kiri, rider turun dari depan, hihihihihihi…..

 

“dari berbagai sumber”

Categories: Tips n Trick | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: