MotoGP Czech Brno 2018

 

brno-circuit-logo

 

Liburan tengah musim MotoGP 2018 telah selesai dan MotoGP kembali segera dimulai dari sirkuit Brno Czech, sirkuit punya bapaknya Karel Abraham. Seri Czech tahun ini bernama resmi : “Monster Energy Grand Prix Czech Republic” yang terakhir dimenangi The Doctor tahun 2009.

motogp2018-czech

 

 

Di Sirkuit Brno, Valentino Rossi dan Max Biaggi menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak.  Rossi tercatat pernah menangi balapan satu kali di Kelas 125cc tahun 1996, satu kali di Kelas 250cc pada tahun 1999, satu kali di Kelas 500cc tahun 2001, dan empat kali menangi seri MotoGP, masing-masing tahun 2003, 2005, 2008 dan 2009.

 

Tradisi balap motor di Brno dimulai sejak tahun 1930 dikenal dengan sebutan ‘City Circuit’. Namun untuk gelaran Czechoslovakian Grand Prix (GP Cekoslovakia) baru pertama kali diadakan di Brno pada tahun 1965.

 

Kelas yang dilombakan pun saat itu 500cc (Grand Prix / GP500) dan hanya ada 13 lap di sirkuit jalanan yang melewati jalan-jalan di bagian barat Brno dan desa-desa tetangga, seperti Bosonohy dan Zebetin dengan panjang trek sekitar 13,94 kilometer. Pada tahun 1987 balapan diadakan di Sirkuit Masaryk yang baru dibangun yang lebih dikenal dengan nama Sirkuit Brno. GP Cekoslovakia sendiri terakhir kali diadakan pada tahun 1991.

 

Balapan Grand Prix kembali pada tahun 1993 dengan nama Grand Prix (GP) Republik Ceko. Tiga kelas dilombakan, yakni Kelas 125cc, Kelas 250cc, dan Kelas paling bergengsi 500cc. Sejak itu Republik Ceko tak pernah absen menjadi tuan rumah balap motor Grand Prix.

 

MotoGP Republik Ceko menjadi salah satu seri tertua kedua sepanjang sejarah balapan Grand Prix. Satu-satunya tempat untuk menyelenggarakan acara Grand Prix lebih banyak dari pada Brno adalah Assen yang sudah menggelar balapan selama 68 tahun tanpa putus.

 

Semua tata letak Sirkuit Brno antara tahun 1930 dan sekarang sudah digabungkan menjadi satu bagian. Sudah sejak tahun 1987 balapan diadakan di Sirkuit Masaryk yang baru dibangun. Trek melewati jalan-jalan di bagian barat Brno dan desa-desa tetangga, seperti Bosonohy dan Zebetin.

 

Kini Sirkuit Brno memiliki panjang lintasan 5,4 kilometer. Balapan akan sangat menarik perhatian para pecinta MotoGP dengan kombinasi sirkuit yang dihiasi 14 tikungan, 6 diantaranya tikungan ke kiri. Lebar sirkuit terukur diangka 15 meter. Sedangkan trek lurus terpanjang hanya 636 meter.

 

Jika tahun lalu MM93 menjadi kampiun dengan strategi brilian nya, tahun ini balapan yang sepertinya di bawah cuaca panas, banyak pembalap cepat yang bisa menghalanginya MM93 berdiri di podium utama.

 

 

 

sun

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: