MotoGP

Yamaha Factory Racing MotoGP Team

Dah santer di dunia maya kalau Movistar akan berhenti sebagai sponsor Yamaha MotoGP yang telah terjalin sejak tahun 2014 karena menyangkut hak siat MotoGP di Spanyol. Menurut berita sih hak siar MotoGP di Spanyol gagal diperpanjang oleh Movistar dan mungkin (ini masih mungkin lho yach) karena duo Yamaha belum ada yang menjadi juara seri sepanjang ini.

movistar 2018

 

Terus siapa yang akan menjadi sponsor utama menggantikan Movistar ? Rumor beredar menatakan bahwa minuman energy Monster Energy yang akan menggantikan posisi Movistar. Wahhh…selain perang pabrikan Yamaha vs Honda, terjadi perang di sponsor utama ni, Monster Energy vs Red Bull. Wahhh, tunggangan VR46 dan Vinales akan berganti warna dari dark blue ke hitam dong, seerti Yamaha Tech3. Gimanaya ya kira-kira warnanya…?

yamaha3

 

 

Berapa nilai kontraknya ya? Ternyata ada saingan juga onster Energy buat mensponsori Team Yamaha Factory. Diam-diam, minuman energy lainnya yaitu Rockstar juga sudah mengajukan tawaran sebesar 1 juta USD untuk 2 tahun kontrak. Karenanya Monster Energy berani membayar 4 juta USD dengan durasi kotrak yang sama tapi bukan sebagai sponsor utama. Sponsor lainnya yang membayar angka yang sama adalah Eneos. Karenanya nama tim Yamaha tahun depan adalah Yamaha Factory Racing Team.

yamaha monster energy

Masih ada kemungkinan warna dark blue masih ada di body YZR-M1.

 

Sebenarnya nih, pabrikan atau BUMN Indonesia mampu lho buat sponsorin im Yamaha ini sebagai sponsor utama, sayangnya belum ada yang mau ya. Untung di dunia maya sudah ada BUMN yang mau mensponsori tema pabrikan Yamaha ini, yaitu Garuda Indonesia, ahhaaaaiiii…….

yamaha6

 Karya Zaenal Musthofa atau aka. Topan

 

yamaha4

 

yamaha5

Banyak produk Indonesia di body M1, keren abizz

 

Mudah-mudahan bukan sekedar mimpi…

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

Categories: MotoGP | Leave a comment

King of Sachsenring

Marquez adalah raja di sirkuit Sachsenring..He is the King of Sachsenring. Sejak musim 2013 belum yang berhasil menggesernya. Skill + RC13V saat ini adalah mustahil untuk mendobrak dominasi MM93.

germany2

 

 

Dan hari ini untuk ke-6 kalinya, MM93 berdiri di podium teratas…enam kali front row enam kali juara…dasar Baby Alien bikin record mulu.

germany3

2013 – 2018

 

Balapan sih kurang seru jika dibandingkan seri Assen dimana terjadi 18 kali pergantian posisi pertama selama race. Lha yang ini, JL99 di depan selama setengah balapan, separuh sisanya MM93 yang mengasapi VR46 sampai 2 detik. Di 10 lap terakhir, Vinales dari posisi 6 bisa hadir di posisi 3 menggeser Petrucci. jadi yang menarik adalah perebutan posisi 3-4-5. Posisi 1-2 dah dikunci MM93 dan VR46 sejak tiga per empat race.

Hasil race lengkap adalah sbb:

germany6

 

 

Bukan suatu al yang aneh jika VR46 start di luar front row tapi hasil akhir berdiri di podium. Kali ini dari start ke-6 bisa berdiri di podium ke-2, posisi terbaik selama musim 2018 ini.

germany1

 

Apa rahasianya kali ini? Ternyata The Doctor belajar dari cara Jonas Folger mengendarai M1 tahun 2017 dan berhasil di podium kedua. Demikian dikatakan VR46 saat press conference after race. Ternyata seorang Master pun tetap mau belajar dari yang lain.germany4

 

Saat ini di klasmen pembalap, MM93 makin tidak terkejar dengan total poin 165, VR46 119 dan Vinales 109.

germany7

 

Hasil setiap race selama musim 2018 dan klasmen konstruktor sampai di MotoGP Germany adalah :

germany8germany9

 

Kita tunggu balapan berikutnya : Monster Energy Ceko MotoGP tanggal 5 Agustus, apakah mesin M1 bisa menghadapi RC13V dan Ducati di trek lurus, atau tim Suzuki kembali unjuk gigi setelah melempem di Sachsenring.

germany10

 

 

germany5

King of the Ring

 

 

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

 

 

 

 

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Starting Grid Germany MotoGP 2018

start8

 

Hasil qualifying semalam menghadirkan MM93 di front row seakan menegaskan kedigjayaan Baby Alien di musim 2018 “catch me if you can”. VR46 sepertinya akan menyerah dalam persaingan musim ini dimana mesin M1 nya agak berat diadu dengan Honda dan Ducati. Plus Suzuki yang makin menggila….

 

start6

start5

 

 

Sirkuit Sachsenring ini sebenarnya cocok buat motor pabrikan Jepang, Ducati selalu kesulitan di track ini. Tapi melihat hasil FP sampai Qualifying, rasanya MM93 akan dihadang oleh Ducati termasuk satelit Ducati. Suzuki tetap jadi kuda hitam buat ikut partisipasi di group depan dan tengah.

start9

 

 

Walau demikan, jangan lupa VR46 adalah The Doctor yang selalu menampilkan best performance saat race day. Walau bermasalah dengan ban belakang sejak FP, VR46 tetap berusaha memberikan perlawanan sampai garis finis. Mengenai performance M1 sendiri da bilang, “Hari ini lebih baik bagi kami dibandingkan kemarin, di mana kami mencoba sesuatu untuk meningkatkan akselerasi, tetapi itu tidak berhasil. Namun Sabtu ini, saya sudah sedikit lebih kompetitif sejak pagi ini, kecepatan saya tidak terlalu buruk, tapi bukan juga yang terbaik. Mulai dari baris kedua sangat penting untuk balapan, karena pasti start dan lap pertama akan sangat sangat penting.”

start7

 

Semoga race di Sachsenring seperti dua minggu lalu di Assen dimana keseruan mulai dari start sampai finish….husssshhh…..

 

Start1start2start3start4

 

 

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

Categories: MotoGP | Leave a comment

Motorrad Grand Prix Deutschland 2018

Sach

Welcome to MotoGP Germany 2018 di Sachsenring circuit.

 

Gelaran MotoGP German sepertinya akan melahirkan juara di luar Honda dan Ducati. Yamaha ? Beraaattt… Suzuki yang kemungkinan besar akan berdiri di podium utama dimana Ianonne menguasai FP 1 dan 3, sementara yang kedua JL99 berada di depan.

Di sirkuit sepanjang 3.671 meter berlawanan arah jarum jam dengan tikungan asimetrik 10 tikungan kiri dan 3 tikungan kanan, dua kali Ianonne bisa menguasai FP. Tanda-tanda Suzuki bakalan bikin kejutan nih.

 

sach1

 

Bagaimana dengan VR46 ? Saat FP1 doi bisa berada di urutan 3 tercepat, habis itu terempat di urutan 17 saat FP2. nah, lucunya di FP3 doi sukses di posisi 4 dan langsung memempatkan dirinya di Q2 qualification. No bad lah…

 

 

sach2

Sementara itu, berita gelaran FP MotoGP agak tertutup dengan kabar pansiunnya Little Spaniard Pedrosa dari MotoGP. Isu awal DaPe aka bergabung dengan satelit Yamaha SIC tidak terbukti. Doi memilih pensiun mungkin karena tidak ada jaminan dari Yamaha buat mendapat motor spec pabrikan.

Akhirnya, salah satu legenda MotoGP pun berlalu di musim depan. Dengan rekor  31 kemenangan dan 112 podium di kelas utama tana meraih gelar juara dunia, hanya nyaris dan menjadi runner up  2007, 2010 dan 2012

Selamat pensiun DP26, welcome to Sachsenring 2018.

 

 

 

 

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

 

 

 

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Assen 2018 : Sang Raja Terpuruk

assen09

 

Balapan Assen 2018 menjadi balapan yang paling seru sepanjang musim 2018 dibandingkan seri-seri sebelumnya, bahkan beberapa tahun terakhir jika melihat 8 riders yang harus mengeluarkan semua teknik terbaiknya untuk mencapai hasil terbaik.

Hasilnya adalah : Marquez – Rins – Vinales : Honda – Suzuki – Yamaha.

Assen_MotoGP_2018_podium

Kemana Ducati atau VR46 ?

Bukan balapan yang gampang kali ini buat The Doctor, harus berjuang dari awal sampai akhir, target akhir podium pun lepas gara-gara clash dengan Dovi di dua lap terakhir.  Hasilnya, keduanya terlempar dari podium diganti sama Rins dan Vinales.

Duel-Rossi-dan-Dovi-Assen-2018

 

Rins yang dari FP dan Qualifiqation yang sudah terlihat cepat akhirnya bisa mengambil kesempatan out nya VR46 dan Dovi04.

 

Hhhhmmmmm…balapan yang seru, walaupun VR46 tidak di podium tapi puas dengan balapan kemarin. Marquez bisa menang dengan susah payah trus aksinya yang luar biasa 99% ndlosor akibat kontak dengan Rins yang agresif. Tapi dasar Alien, bisa aja RC13V ditegakan lagi dan juara. Ehh..masih sempat membalas ke Rins juga, hehehehehehehe……

kl

 

Hasil lengkap Assen 2018 adalah :

Hasil-MotoGP-2018-Assen-Race-Result

 

 

Di MotoGP Championship, si Alien MM93 masih di puncak klasmen diikuti The Doctor di belakang dengan selisih poin 41. Lumayan jauh nih..

Capture

 

 

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

Categories: MotoGP | Leave a comment

Assen 2018 Starting Grid

assen09

Starting grid

Starting grid 1

Starting grid 2

Starting grid 3

 

 

 

 

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

Categories: MotoGP | Leave a comment

Welcome to Assen 2018

assen09

 

Gelegar Wold Cup Russia 2018 tidaklah membuat MotoGP kehilangan daya tariknya.

world cup

Sejarah Assen di MotoGP bukan lah sejarah singkat, sirkuit Assen merupakan lintasan paling tua yang ada di kalendar MotoGP saat ini. Asssen menjadi satu-satunya trek yang sudah menggelar seri Grand Prix sejak balapan itu digelar pada 1949. Jika sebelumnya semua balapan motoGP Assen di hari sabtu, maka sejak 2016 dipindah ke hari minggu sama seperti balapan di sirkuit yang lain.

 

King of Assen

Jika tahun lalu VR46 berdiri di podium pertama, apakah besok The Doctor bisa menyamai rekor tahun 2017 sehingga pas sebagai King Of Assen ? Rasanya agak berat dengan penampilan JL99 yang  on fire menyapu bersih dua seri sebelumnya. Belum MM93, duo Ducati dan jangan lupa suzuki. Butuh usaha yang extra luar biasa ditambah factor luck kayaknya nih. Tapi melihat penampilan Yamaha di free practice rasanya masih ada harapan.

assen 2017

 

Hasil kualifikasi Q2 menempatkan VR46 di front row di belakang MM93 dan Cal35.

Kandidat utama sih tetap MM93 dan Dovisioso sih, tapi masih banyak yang akan jadi sandungan buat The Doctor. Pertama rekan setim Vinales, kemudian JL99, Zarco, Ianonne, Cal35. Hmmmm….assn

 

Akan kah ada drama Assen 2015 dengan rider yang lain?rossi-vs-marquez_20160626_163147

 

 

 

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Yamaha Monster Energy 2019 MotoGP Team

Mungkin gara-gara Yamaha yang nil gelar sejak teken kontrak dengan Team Yamaha MotoGP 2014 membuat Movistar berpikir ulang untuk memperpanjang kontraknya di akhir musim 2018 ini.

Wah, bakaln hilang nih livery Movistar di Mototr M1 the Doctor dan Vinales nih.

movistar 2018

 

Menurut Lin Jarvis sih Yamaha masih berbicara dengan management Movistar. Tapi seandainya memang buntu maka yang akan menjadi penggantinya adalah Monster Energy.

 

Dari rendering yang beredar, kira-kira seerti ini tampak M1 yang disponsori Monster Energy.

yamaha monster energy.jpg

Kemana warna biru khas Yamaha ya…?

Bukannya Monster Energy adalah sponsor utama Yamaha Tech 3?

 

Ini semua berasal dari gonjang ganjing Lorenzo yang kabur ke Repsol Honda menggeser Pedrosa sehingga menimbulkan efek besar di line up riders dan pabrikan. Tech 3 yang kurang puas dengan Yamaha sebagai tim satelit juga pindah ke KTM.

Tim satelit Yamaha yang kosong awalnya akan diisi tim VR46, sekarang akan bergeser menjadi ke Yamaha Petronas yang berencana menggaet Pedrosa. Yamaha butuh Pedrosa buat meng-up grade M1 biar gak tertinggal jauh dari RC13V. Walaupun belum fix tapi ada kemungkinan Pedrosa ke Yamaha dengan syarta mendapat motor spec pabrikan yang agak sulit diluluskan Yamaha. Complicated bukan ?petronas

 

Kabarnya setelah seri Assen, Pedrossa akan memberikan keterangan pers kemana akan bergabung, ke Yamaha tau pensiun. The Doctor sih sangat berharap DaPed bisa bergabung dengan Yamaha demi pengembangan M1.

 

We will see soon…

 

valentino-rossi-heklmet-logo-F574A60866-seeklogo.com

 

 

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

JL99 Lagi…

Lorenzo

 

Seperti yang sudah diprediksi jika MM93 tidak bisa menahan JL99 maka pembalap berjulukan X-Fuera akan lepas sendirian dan tidak terkejar. Hasilnya adalah JL99 menjadi kampiun Back to Back di Mugello dan Barcelona 2018.

pebalap-ducati-team-jorge-lorenzo-melakukan-selebrasi_20180617_215826

 

Yang agak mengherankan adalah fighting spirit Semut Merah 93 ini, JL99 dilepas begitu saja sendirian di depan. Seakan-akan bukan MM93 yang balapan, lebih mirip Pedrosa yang main aman. Bayangkan saja di atas RC13V yang superior bisa tertinggal 4.5 detik dari Ducati Desmo. Mungkin karena JL99 akan jadi tandem di tahun depan kali ? Mudah-mudahan bukan karena kisah Sepang 2015…

meme-titanic_20151108_224405

 

Menurut MM93 sendiri kenapa dia gak mau fight karena melihat di pit board kalau Dovi sudah ndlosor ditambah beberapa rider yang DNF karena hal yang sama. Jadi doi main aman untuk mendapat tambahan 20 poin. Ya…begitu deh.

 

The Doctor ? Podium 3 gak jelek-jelek amat dan menjadi rekor tiga kali beruntun di podium 3. Yang paling penting berada di posisi 2 di belakang MM93 berbeda 28 point. Artinya masih ada peluang buat juara tahun ini dan itu yang harus dijaga.

Championship

 

Keberuntungan The Doctor akibat Dovi yang sukses jatuh lagi ditambah spekulasi menggunakan ban soft kompon dimana sangat jarang The Doctor memakai tipe ban ini karena gaya balap yang memaksa M1 sampai batas.

valentino-rossi-di-motogp-catalunya-1_20180617_093047

 

 

Yang pasti The Doctor tidak bisa mengharapkan keberuntungan jatuhnya rider-rider Ducati Desmo dan RC13V, tapi jadi PR buat mereka untuk membuat M1 bersaing dengan mereka. Kalau nggak kita akan melihat King Of Assen diasapi MM93, JL99 dan Dovi. Bahkan bisa kecolongan dari Cruthclow ata Petrux 2 minggu lagi di Assen.

King of Assen

 

 

sun

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Catalunya 2018 : Lorenzo on Fire

Catalunya

 

Hasil kualifikasi Q2 menempatkan JL99 di pole position mirip di Mugello 2 minggu lalu. Apakah kali ini JL99 akan berdiri di podium utama lagi, rasanya agak sulit karena Semut Merah 93 dan Dovi o4 tentu tidak mau kalah begitu saja. Hasil qualification nya saja beda-beda tipis dimana mereka bertiga akan start di front row. Wah…makin seru besok nih.

 

Starting grid 1Starting grid 2Starting grid 3Starting grid 4Starting grid 5

 

 

Siapa yang akan jadi pemenang ? MM93 tetap yang paling berpeluang juara selama tidak ndlosor, mengingat doi sempat komplain dengan kerb yang tinggi sehingga gak bisa elbow down maksimal dengan resiko ndlosor kalau maksa. Duel sengit pasti akan berlangsung sesama Ducati pabrikan jika MM93 dibiarkan lepas sendirian.

 

The Doctor, seperti biasa jelek di kualifikasi tapi peluang podium tetap ada walau nantinya harus fight dengan Vinales, Petruci dan Ianonne. Kalau ada keajaiban baru Zarco, Crutchlow dan Pedrosa. Untuk Zarco sepertinya magic touch nya dah gak sakti lagi nih.

 

Pedrosa…sepertinya harus ke Yamaha atau Aprilia setelah putus kontrak dengan HRC buat dapat tantangan baru.

 

sun

 

Categories: MotoGP | Leave a comment

Blog at WordPress.com.